Kepada Siapa 4 Tiket Semifinal (Piala Sudirman) Jatuh?

13 Mei 2009 at 9:18 am 3 komentar

https://i0.wp.com/www.detiksport.com/images/content/2008/08/16/463/IndranilMUKHERJEE.jpgMaria Kristin, atlit tunggal putri andalan Indonesia

Tinggal satu pertandingan terakhir bagi masing-masing negara unggulan di grup 1A dan 1B Piala Sudirman yang hari ini akan dilangsungkan, tetapi beberapa pemilik tiket semifinal tampaknya telah dapat diidentifikasi. Indonesia akan bertemu Korea.

Satu tiket semifinal sebagai juara grup telah di-booking lebih dahulu oleh Tiongkok yang menang telak di dua duel sebelumnya. Akan bertemu Indonesia hari ini, Indonesia harus menang setidaknya empat dari lima partai jika ingin merebut tahta tersebut, dan target ini tergolong sulit. Jadi hampir dapat dipastikan bahwa Tiongkok akan menjadi juara grup 1B dan Indonesia akan menjadi runner-up grup 1B; keduanya akan masuk semifinal.

Yang lebih menjadi pertanyaan adalah apa yang akan terjadi di grup 1A. Saat ini Korea memimpin grup, dan melawan Hong Kong hari ini tampaknya tidak akan membawa banyak dampak karena hampir dipastikan Korea akan mendapat tiga skor dari semua partai ganda.

Yang lebih menarik untuk disimak adalah the biggest upset yang akan terjadi setelah Malaysia dan Denmark bertanding. Saat ini Malaysia berada di peringkat kedua (runner-up) dan Denmark di peringkat ketiga. Tetapi sebenarnya kedua negara kurang lebih berimbang, dan tidak tertutup kemungkinan bahwa Malaysia akan (lagi-lagi) tersingkir sebelum mencicipi semifinal Sudirman.

Bagaimana peluang Denmark melawan Malaysia?

Denmark tergolong tim yang “menyusahkan.” Tunggal putranya termasuk kuat, apalagi sang senior dengan gaya permainan ala Asia, Peter Gade, kembali turun tangan di ajang ini. Melawan sang datuk Lee Chong Wei, hasil pun tidak dapat dengan mudah diprediksi karena ini adalah pertandingan antara peringkat pertama melawan peringkat dua dunia. Denmark memiliki peluang untuk mencuri satu angka disini.

Tunggal putri Denmark, Nanna Brosolat Jensen memang belum sehebat sang senior, Tine Rasmussen yang batal terbang ke Guangzhou karena cedera tumitnya yang belum pulih, tetapi ia cukup mampu menyulitkan tunggal putri Korea, Hwang Hye Youn dan andalan Hong Kong, Zhou Mi. Tetapi rasanya melawan Wong Mew Choo, peluang Nanna untuk menang tidak terlalu besar. Rasa-rasanya Malaysia 80% akan mendapat skor disini.

Ganda putra menjadi momok yang paling menakutkan di duel kedua negara ini, karena kedua pasangan sama-sama menyulitkan dan seimbang, dengan kelas top dunia. Ganda Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen saat ini nangkring di peringkat dua dunia sedangkan Koo Kien Keat/Tan Boon Heong tipis berada di bawahnya; peringkat tiga. Apa pun dapat terjadi di partai ini…

Ganda putri Malaysia, Wong Pei Tty/Chin Eei Hui, memang saat ini berada di puncak dunia, tetapi ketangguhan mereka masih perlu lebih diuji karena mereka kalah melawan ganda Korea, dan bahkan sangat dipersulit oleh ganda Hong Kong yang baru dipasangkan di Guangzhou ini walaupun akhirnya rubber set itu mereka menangkan. Posisi ini sama saja dengan Lena F. Kristiansen/Kamilla Rytter-Juhl yang belum menyumbang poin apa pun kepada timnya. Kedua pasangan ini juga dapat dikatakan berimbang, sehingga sulit mengatakan siapa yang akan menyumbang angka.

Ganda campuran? Joachim F. Nielsen/Christina Pedersen (peringkat lima dunia) akan melawan pasangan Malaysia yang belum diketahui siapa. Kemungkinan besar Wong Pei Tty akan dipasangkan dengan Koo Kien Keat. Peluang Denmark cukup besar untuk menang di partai ini, tetapi pejuang-pejuang jiran rasanya juga tidak akan membiarkan hal tersebut terjadi begitu saja. Hasil akhir? Tidak dapat ditebak.

Intinya, siapa pun yang menang dan maju ke semifinal pasti akan bersorak sorai gegap gempita. Sebaliknya, yang kalah dan tersingkir pasti akan dirundung awan mendung, dan mungkin juga hujan air mata.

Tetapi siapa pun yang nantinya maju ke semifinal sebagai runner up grup 1A, peluang mereka kurang lebih sama saat berhadapan dengan Tiongkok. Di atas kertas, Malaysia seharusnya akan lebih menyulitkan Tiongkok daripada Denmark, tetapi secara kinerja historis (konsistensi permainan dan mental permain), secara keseluruhan Denmark lebih unggul.

Indonesia vs Korea di Semifinal: Sulit?
Tidak terlalu, selama Indonesia bermain konsisten dan memberikan permainan terbaiknya. Di atas kertas, Sony Dwi Kuncoro (tunggal putra) dan Maria Kristin Yulianti (tunggal putri) seharusnya sudah menjadi bidak pasti penyumbang angka. Tinggal satu angka lagi disumbangkan dari partai ganda – disinilah Korea akan jauh lebih menyulitkan karena kekuatan kedua negara di partai ganda kurang lebih berimbang, bahkan di ganda putri Korea terasa lebih unggul.

Jika Indonesia dapat memastikan kemenangan di dua partai tunggal dan ganda campuran, maka beban di dua partai lainnya akan lebih berkurang.

Tetapi strategi tetaplah strategi. Indonesia masih harus memikirkan stamina untuk final yang sebenarnya sehari setelah semifinal. Jor-joran di semifinal mungkin bukan strategi terbaik. Dan mulai dari tahap semifinal ini, kita hanya dapat mendoakan para atlit dan pelatih untuk dapat menelurkan strategi dan permainan terbaik mereka untuk target maksimal itu: membawa pulang Piala Sudirman ke tanah air.

YOSH, INDONESIA!

Entry filed under: Atlit, Turnamen. Tags: , , , , , , , , , , , , .

Perjuangan Para Atlit dan Pasang Surut Dukungan Masyarakat Perjuangan Maksimal Tim Sudirman

3 Komentar Add your own

  • 1. inna  |  13 Mei 2009 pukul 10:11 am

    Buat Maria Kristan and atlet2 yang ikut bertanding di piala Sudirman cup semoga berhasil menjadi juara dan mengharumkan nama bangsa Indonsia. amiiiiiiiiinnn!!!!!!!!!!!

    Balas
  • 2. DeLita  |  16 Mei 2009 pukul 4:56 pm

    semifinaL indonesia tP mU ke finaL kaLah!!

    Balas
  • 3. Juni  |  18 Mei 2009 pukul 5:23 am

    KEcewa sekali!! selalu saja begitu…diatas kertas peringkat lebih baik tapi kenyataannya…….apa yang salah ya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Mei 2009
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

%d blogger menyukai ini: