Final Super Series: Taufik Jadi Berlaga, Saina Uring-Uringan

18 Desember 2008 at 9:25 am Tinggalkan komentar

Akhirnya Taufik Hidayat, atlit tunggal putra Indonesia yang nyaris urung bertanding di Final Super Series karena cedera pinggangnya kambuh, memutuskan untuk terus maju bertanding. Berada satu grup dengan atlit Indonesia lainnya, Sony Dwi Kuncoro tampaknya malah menjadi berkah tersendiri karena jika keduanya menjadi terbaik pertama dan kedua di grup, maka di semifinal mereka akan terpisah, dan mungkin terjadi all-Indonesian final. Berkah ini juga turun di partai ganda putra dan campuran.

Sedangkan atlit tunggal putri, Saina Nehwal yang menjadi satu-satunya wakil dari India dicekam kegusaran. Pasalnya, perpanjangan paspornya di kota Chennai ternyata tertunda sehingga juara dunia yunior 2008 ini terancam batal tampil di Malaysia.

“Mungkin saya tak akan mendapat visa,” keluh belia berusia 18 tahun ini. “Saya bakal kehilangan kesempatan bermain di turnamen terbaik.”

Indonesia Berpeluang Sapu Bersih Partai Ganda

Peluang terbesar kemenangan Indonesia adalah dari ganda campuran kemudian ganda putri dan ganda putra. Tunggal putra juga berpeluang, hanya saja satu lawan akan sangat sulit ditanggulangi, ialah pemain tuan rumah unggulan pertama, Lee Chong Wei. Seputar kilasan prediksi babak kualifikasi di bawah ini.

Tunggal Putra

Dari grup A, Lee Chong Wei (MAS) berpeluang besar menjadi juara grup dan diikuti oleh Peter Gade (DEN) sebagai runner up. Sedangkan dari grup B, Sony dan Taufik berpeluang menjadi juara dan runner up grup. Hanya saja, si muda penuh gelegar, Joachim Persson dapat menjadi sandungan berarti. Joachim pernah mengalahkan Taufik di Jepang Super Series dan Sony di Perancis Super Series (walaupun setelahnya dijegal Taufik).

Prediksi finalis: Lee Chong Wei (MAS) dan Sony Dwi Kuncoro (INA)

Tunggal Putri

Persaingan di partai ini lebih merata walaupun pergulatan di grup A (Zhou Mi, Wang Chen, Xu Huaiwen, Yu Hirayama) akan terasa lebih panas. Grup B akan sangat terasa kurang geregetnya jika Saina batal tampil.

Prediksi finalis: Wang Chen (HKG) dan Zhou Mi (HKG)

Ganda Putra

Inilah partai yang paling menarik dari semua partai karena mundurnya Tiongkok tidak memberi pengaruh berarti; Tiongkok hanya menarik Fu Haifeng/Cai Yun yang taringnya sudah mulai tumpul.

Di grup A, Lee Yong Dae/Jung Jae Sung (KOR) dan Zakry Abdul Latif/Fairuzizuan Tazari (MAS) berpeluang memimpin grup walaupun dua pasangan lainnya – Robert Blair/Chris Adcock (ENG) dan Simon Mollyhus/Anders Kristiansen (DEN) – bisa saja memberikan kejutan.

Sedangkan pertarungan di grup B akan sangat layak untuk dinanti-nantikan. Siapa yang akan menjadi juara grup masih samar karena pasangan-pasangan terbaik ada disini: Markis Kido/Hendra Setiawan (INA), Tony Gunawan/Candra Wijaya (USA/INA), Koo Kien Keat/Tan Boon Heong (MAS), dan Mathias Boe/Carsten Mogensen (DEN).

Prediksi finalis: Markis/Hendra (INA) dan [masih sangat samar]

Ganda Putri

Di grup A, Vita Marissa/Lilyana Natsir sangat berpeluang menjadi juara grup. Sayangnya tidak demikian dengan Jo Novita/Greysia Polii yang berada di grup B karena grup ini memiliki pasangan-pasangan yang kurang lebih seimbang satu sama lain: Wong Pei Tty/Chin Eei Hui (MAS), Kamilla Rytter Juhl/Lena Frier Kristiansen (DEN), dan Nicole Grether/Charmaine Reid (GER/CAN). Bintang peluang menjadi juara grup B sepertinya bersinar samar di atas Kamilla/Lena, tetapi hasil akhirnya tetap tidak mudah diprediksi.

Prediksi finalis: Vita/Lilyana (INA) dan Kamilla/Lena (DEN)

Ganda Campuran

Tampaknya Thomas Laybourn/Kamilla Rytter-Juhl (DEN) dan Anthony Clark/Donna Kellogg (ENG) akan merajai grup B. Nova/Lilyana dan Flandy/Vita yang sama-sama berada di grup A – dan berpeluang merajai grup A jika mampu mengatasi perlawanan Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam (THA) – sepertinya harus bersiap melawan gaya permainan pasangan Eropa di semifinal nanti.

Prediksi finalis: Nova/Lilyana (INA) dan Flandy/Vita (INA)

Jadwal Tanding Atlit Indonesia

Final Super Series yang akan dimulai hari ini akan tetap mempertandingkan pemain-pemain berkualitas unggul. Jadwal bertanding atlit Indonesia hari ini, 18 Desember 2008 (dimulai pukul 9:00 WIB):

XD: Nova Widianto/Lilyana Natsir vs Flandy Limpele/Vita Marissa

MS: Taufik Hidayat vs Sony Dwi Kuncoro

WD: Vita Marissa/Lilyana Natsir vs Duang Anong Aroonkesorn/Kunchala Voravichitchaikul (THA)

MD: Markis Kido/Hendra Setiawan vs Candra Wijaya/Tony Gunawan

WD: Jo Novita/Greysia Polii vs Nicole Grether/Charmaine Reid (GER/CAN)

XD: Nova Widianto/Lilyana Natsir vs Robert Blair/Imogen Bankier (ENG/SCO)

XD: Flandy Limpele/Vita Marissa vs Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam (THA)

MS: Taufik Hidayat vs Joachim Persson (DEN)

MS: Sony Dwi Kuncoro vs Andrew Smith (ENG)

Bagi yang memiliki saluran Vision1 Indovision dapat menontonnya secara langsung. Alternatifnya, menyaksikan Skor Langsung (Live Scoring) di www.tournamentsoftware.com.

Entry filed under: Turnamen. Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Final Super Series: Tiongkok Mundur, Indonesia Bonus Dua Jatah Enam Wakil Indonesia di Semifinal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Desember 2008
S S R K J S M
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

%d blogger menyukai ini: