Garangnya Putri Djarum

4 Oktober 2008 at 11:27 pm Tinggalkan komentar

Maria.Febe.KUSUMASTUTI-052-INA-YL-IndonesiaOpen2008.jpgFoto: Maria Febe Kusumastuti (dari Badminton Photo)

Di semifinal Bitburger Terbuka 2008 di Luxembourg, Eropa hari ini terlihat kegarangan putri-putri asuhan PB Djarum. Wakil satu-satunya di ganda putri dan tunggal putri melaju lewat pertarungan ketat. Maria Febe Kusumastuti tundukkan unggulan keempat.

Diawali dengan kemenangan pasangan ganda putri unggulan pertama, Shendy Puspa Irawati/Meiliana Jauhari atas pasangan Jerman, Sandra Marinello/Birgit Overzier, 17-21, 21-17, 21-6, Febe bermain konsisten dan tanpa gentar sedikit pun menghadapi Ella Diehl, unggulan keempat asal Rusia.

Berlangsung selama satu jam, Febe yang bertinggi badan 162 cm ini dapat mengimbangi permainan Ella yang berusia hampir satu dekade lebih tua. Di set pertama, Febe memang terlihat memegang kendali di lapangan dengan bermain hati-hati dan lebih ke arah penempatan bola. Ella juga banyak memberi angka ‘gratisan’ karena kesalahannya sendiri. Walaupun Ella mampu mengekor ketat, tetapi ia tidak mampu mengatasi Febe yang menutup set 21-19.

Di set kedua, gantian Febe yang banyak melakukan kesalahan sendiri. Pengembaliannya banyak yang menyangkut di net atau keluar tipis. Beberapa clear Ella pun dibiarkannya karena dianggap keluar – dan ternyata masuk. Ella menutup set kedua 21-12.

Pertarungan sebenarnya berlangsung di set penentuan. Skor berkejaran, dan mereka saling berebut setir. Tidak pernah terjadi perbedaan skor lebih dari tiga angka. Di awal, Ella memimpin sampai 4-1 sebelum Febe merebut kepemimpinan pada angka 5-4. Dari sini, mereka berkejaran sangat ketat. Febe memimpin sampai 11-9, tetapi lalu Ella kembali memimpin 12-11. Demikian yang terus terjadi sampai 19-19.

Ella yang pertama menelurkan angka 20, angka semi keramat itu. Saya yang menonton Febe dari layar monitor pun deg-degan. Untunglah Febe tidak hilang fokus. Dia meladeni segala macam pukulan Ella yang sering merupakan kombinasi clear-net/drop (panjang ke belakang lalu bola diarahkan tipis di net) sehingga kedudukan berimbang 20-20.

Reli panjang kembali terjadi dan, ah, pengembalian net Febe dari bawah tidak mampu melewati bibir net. Ella pun kembali mengalami match point.

Jantung pun berdegup semakin kencang. Hanya dapat berdoa supaya Febe tidak hilang fokus dan tetap berjuang sampai titik darah penghabisan.

Dan kali ini smes keras Febe ke kiri badan Ella tidak disangka oleh lawan. Angka kembali berimbang 21-21, dan Febe pun berteriak garang.

Febe melakukan servis. Reli panjang kembali terjadi. Dan, akhirnya Febe berhasil mendapat match point-nya, 22-21! Dan Febe kembali berteriak.

Tetap fokus, Febe bermain tidak terburu-buru dan berusaha memberikan posisi bola sulit kepada Ella. Dan bola itu jatuh tipis di depan net. Ella mengejarnya. Raket Ella berhasil mengangkat bola tersebut, tetapi sayang tidak mampu melewati net!

Dan angka itu bergerak naik, trek! 23-21, kemenangan gemilang bagi belia berusia 19 tahun ini. Besok adalah final kedua Febe sejak karir internasionalnya pada tahun 2006. Final terakhirnya adalah di turnamen Grade A (turnamen non-bintang) Brasil Terbuka 2006, dimana saat itu dia menjadi juara. Selain itu, dia selalu mentok di perempat final.

Lawannya besok adalah Aditi Mutatkar dari India yang secara mengejutkan menumbangkan Juliane Schenk, unggulan kedua asal Jerman dengan dua set langsung, 21-14, 21-16. Keduanya belum pernah bertemu sebelumnya sehingga final besok akan menjadi pertandingan yang menarik untuk disimak. Sedangkan putri-putri ganda Djarum esok akan berhadapan dengan ganda Denmark, Helle Nielsen/Marie Roepke.

Sangat disayangkan, ganda putra unggulan kedua Indonesia, Fran Kurniawan/Rendra Wijaya, harus gugur di tangan pasangan Jerman unggulan keenam, Kristof Hopp/Johannes Schottler, 19-21, 21-13, 17-21. Ganda campuran harapan terakhir Indonesia, Rendra/Meiliana juga akhirnya harus mengakui keuletan pasangan India, Diju Valiyaveetil/Jwala Gutta yang merebut tiket final dari tangan mereka setelah menang 18-21, 21-13, 26-24.

Dengan demikian, Indonesia meloloskan dua dari empat semifinalisnya ke final, Denmark tiga finalis (dari empat semifinalis), India empat finalis (dari empat semifinalis – alias lolos semua), dan Jerman satu finalis (dari tujuh semifinalis).

Tonton Langsung Bitburger Terbuka 2008

Bagi yang memiliki sambungan Internet cepat, dapat menonton langsung lewat Internet di http://bitburger-open.de dan pilih menu “Live on Court” yang ada di sebelah kiri, di bawah kategori “Event”. Pilih “Court 1” (court yang dipakai untuk final). Mungkin ada sedikit time lapse, sehingga jika Anda ingin mendapat skor terbarunya, masuklah ke http://www.tournamentsoftware.com dan cari Bitburger Open 2008, lalu klik kotak Live Score di kanan atas (seharusnya jika Anda masuk ke Tournament Software, akan langsung disuguhi Live Score Bitburger Open 2008 – dan Macau Open 2008 – di laman awal).

Jadwal Pertandingan Final Bitburger Open

Dimulai pukul 17:00 WIB

Shendy/Meiliana (1) vs Helle Nielsen/Marie Roepke (DEN)
Mathias Boe/Carsten Mogensen (DEN/1) vs Kristof Hopp/Johannes Schottler (GER/6)
Maria Febe Kusumastuti vs Aditi Mutatkar (IND)

DImulai pukul 20:15 WIB

Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (DEN/8) vs Diju Valiyaveetil/Jwala Gutta (IND)
Arvind Bhat (IND/7) vs Chetand Anand (IND/4)

Entry filed under: Turnamen. Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Rangking Atlit Indonesia 100 Besar (25 Sep 2008) Kemajuan India yang Luar Biasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Oktober 2008
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

%d blogger menyukai ini: