Olimpiade vs PON dan Siaran TV

7 Juli 2008 at 9:44 pm 25 komentar

https://i2.wp.com/www.mascotas.org/wp-content/uploads/2008-olympic.jpg

Atlit bulutangkis yang akan berlaga di Olimpiade Beijing 2008 ternyata diminta khusus oleh KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) untuk tidak turut bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) yang sedang berlangsung di Samarinda. KONI tidak ingin mereka sampai cedera sebelum Olimpiade.

“Nomor satukan kepentingan negara di atas kepentingan provinsi,” ujar Mimi Irawan dari PBSI.

Memang atlit Olimpiade kita lebih baik beristirahat. Banyak dari mereka yang mengalami cedera, dari tingkat ringan sampai serius. Di Indonesia Open kemarin, terlihat Vita Marissa (atlit ganda putri dan campuran) “berplester” panjang di bagian betis kanannya. Maria Kristin juga menahan sakit dari cedera di lututnya. Sony pun memiliki sejarah kelam cedera pinggang yang membuatnya harus puasa tanding pada tahun 2006.

Tidak heran jika KONI meminta mereka secara resmi untuk absen dari PON yang baru berakhir tanggal 17 Juli, karena mereka sudah harus terbang ke Beijing tanggal 25 Juli.

“Kalau sampai cedera di PON, tidak cukup waktu untuk pemulihan,” tambah Mimi.

Mereka yang absen membela provinsinya untuk kepentingan negara adalah Taufik Hidayat, Sony Dwi Kuncoro, Maria Kristin Yulianti, Nova Widinato, Lilyana Natsir, Flandy Limpele, Vita Marissa, Markis Kido, Hendra Setiawan, Luluk Hadiyanto, dan Alvent Yulianto.

Seputar Cabor Bulutangkis di Olimpiade

Di Olimpiade sebelumnya, jumlah negara yang ikut cabor ini “hanya” 33 negara. Tapi tahun ini jumlahnya melonjak menjadi 50 negara. Inilah bukti bahwa bulutangkis mulai mendunia. Jika dulu hanya terpusat di beberapa kantong di Asia dan Eropa, sekarang kiprahnya sudah merambah ke banyak negara lainnya, termasuk benua Afrika.

Undian untuk cabor bulutangkis di Olimpiade Beijing nanti akan dilakukan pada tanggal 26 Juli 2008 – maju dari rencana sebelumnya, 4 Agustus 2008. Satu negara hanya boleh mengirim maksimum dua wakil per partai, dengan catatan kedua wakil berada di peringkat yang terkualifikasi untuk Olimpiade. Pengecualian diberikan kepada negara yang di satu partai memiliki lebih dari dua atlit yang berada di peringkat LIMA BESAR. Negara tersebut boleh mengirim tiga wakil yang berada di lima besar tersebut.

Dan negara “pengecualian” tersebut adalah Tiongkok. Dari total maksimum 10 kursi per negara di lima partai, Tiongkok berhasil mendapat 13 kursi – tiga kursi tambahan dari tunggal putra dan putri serta ganda putri. Total di lima partai, Tiongkok memiliki 13 wakil. Bandingkan dengan Indonesia (8 wakil di 5 partai), Malaysia (6 wakil di 4 partai), Korea (9 wakil di 5 partai), Denmark (7 wakil di 5 partai), dan Inggris (5 wakil di 4 partai).

Inilah juga fakta yang perlu diperhatikan baik oleh para atlit kita supaya mereka lebih fokus dan berkonsentrasi untuk hasil terindah bagi Ibu Pertiwi – salah satunya dengan harus melewatkan PON.

Ayo Indonesia bisa!

https://i1.wp.com/www.guardianfx.com/flags2/australasia/id-flag1.gif

Dilema TV Lokal

Sayangnya, ada kemungkinan aksi atlit kita di Olimpiade tidak akan terlihat di layar kaca kita di rumah. Pasalnya, bayaran hak siarnya terlalu mahal dan menurut stasiun TV kita, sulit mencari sponsor.

“Kita sempat ditegur International Olympics Committee (IOC) karena tidak menyiarkan Olimpiade Athena 2004,” ujar Rosihan Arsyad, Sekretaris Jenderal KONI. “Bukan tidak mungkin kritik lebih keras akan datang jika lagi-lagi tidak disiarkan.”

KONI sudah menawarkannya kepada TV-TV lokal, tetapi ditolak karena harga mahal. Irwan Hendramin dari RCTI sendirim engatakan bahwa harga siar Rp 15 miliar itu tidak masuk akal apalagi dengan rating olahraga yang masih rendah di Indonesia.

Lah, Bung, bagaimana masyarakatnya akan semakin bersemangat dengan olahraga (dan rating olahraga mau naik) kalau media massanya juga tidak menayangkan?

Lah, Bung, kalau bilang rating olahraga rendah, kok kemarin Piala Eropa bisa hebohnya begitu? Atau jangan-jangan Piala Eropa tidak masuk kategori siaran olahraga?

Dan benarkah tidak ada sponsor yang tertarik? Mengingat bulutangkis sekarang lagi sangat populer dan bahkan para atlitnya sudah mulai seperti selebritis?

Lah?

Entry filed under: Atlit, Media, Turnamen. Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

Tan Joe Hok Difilmkan Dukung Tim Indonesia di Olimpiade

25 Komentar Add your own

  • 1. Fuzcha..  |  8 Juli 2008 pukul 3:15 pm

    Hiks sdih bgt klo olimp g dtayangn pdhal q nunggu2 bgt pertndgan akbr itu apalagy dcabang bulutgkis..
    Msa ia ga ad yg sponsorin?
    Euro aj bisa knp olimp ga?pdhl euro kan g ad negara indo’y!! Q jg ykin hak siaran euro jg g murah kan? Ayo dunn indo tyangn olimp q ykin bnyk yg nntn kog palagi dcabang bulutgkis rakyt indo kan bnyk pcinta blutgks’y jd klo nayangin g bkal rugi de..
    Rasa nasionalisme kan prlu dipu2k gmn rakyt indo mw punya rs nasionalisme yg tinggi kalo negara’y sndiri g bs mmperjuangkn’y malah memupuk kcintaan kpd negara lain dgn euro!!

    Balas
  • 2. aRuL  |  9 Juli 2008 pukul 2:45 am

    kita selalu mendukung indonesia🙂

    Balas
  • 3. ambo  |  9 Juli 2008 pukul 7:04 pm

    pLiS dOnG aH…

    Kalau mengaku masih peduli dengan nasib bangsa ini sebaiknya olimpic ditayangkan, bangsa kita butuh “PENCERAHAN” alias tontonan yang dapat membuat “INDONESIA BANGKIT”….bukankah itu slogan yang akhir-akhir ini selalu digembar-gemborkan?????

    Jadi implementasi dari slogan tersebut seharusnya tayangkanlah olimpic!!!!!!

    Haruskah rakyat INDONESIA merana lagi?, sadarilah…bahwa kalau mau jujur hanya dari BULUTANGKIS-lah bangsa kita dikenal dunia sebagai bangsa yang patut diperhitungkan di mata dunia…

    Mohon saran-saran di di sini bisa ditindaklanjuti oleh para pengelola stasiun televisi.

    Balas
  • 4. PUPUT  |  10 Juli 2008 pukul 2:02 pm

    JADI NGGAK OLIMPIADE DI TAYANGIN DI TVRI KALO BULUTANGKIS KAPAN SIH AND JAM BARAPA BWT SEMUANYA YG MAIN DI OLIMPIADE JGN MO KALAH AYO REBUT GELAR SUPAYA INDONESIA GAK DI LECEHIN SAMA NEGARA LAINNYA BUKTIKAN KLO INDONESIA ADALAH GUDANG BULUTANGKIS

    Balas
  • 5. anita  |  12 Juli 2008 pukul 3:18 pm

    duuuch cape dech a tv swasta ne,,
    g malu apa kalo qt d tegor lg gara2 g nyiarin olympiade 2008
    y nech .. pas UERO aja pd berebut bt nayangin,,
    pdhl indonesia g da msuk,,
    eeechh giliran atlet2 indonesia mw mgharumkan nm bangsa,, smua pd lari g da yg mw nyiarin,, gmn sech !!
    kayaqx tv2 swasta qt mw nyiarin olhraga kalo atlit2 qt b’tnding d indo aja,,
    pasti byk koq yg bakal ntn,, apalagi bulutangkisx!!
    sy yakin indonesia bs byk dapet emas d bulutangkis, krn bulutangkis qt ge bangkit nech,, apalagi ceweq2x!!
    pliz dunkzz tv2 indo,, masaq sech kalah ma malaysia ..
    g bgt dech ..

    Balas
  • 6. farhan  |  12 Juli 2008 pukul 9:00 pm

    woy para atlet kita butuh dukungan ,kita kan sebagai para penonton setia para pemain Indonesia (khusus nya kak maria) ,siarin donk ,kurangin tuh sinetron yang gak berguna !

    Balas
  • 7. Nida snecis  |  13 Juli 2008 pukul 1:40 pm

    Q g stju kl olimp g d tygn d tv.ap kt dunia,glrn bgsa sndr yg akn brlga mlh g tygn?!Hrsx pr stasiun tv lbh brphk thdp bngsa qta dnk,kl olimp g d tygn,hrsx UERO jg g d tygn.dkung dnk tim BT qt!! g msk akl bgt kl alsnx g ad sponsor.tlg d prtmbgkn lg.!

    Balas
  • 8. Tyas  |  14 Juli 2008 pukul 10:23 am

    kalo nanggung bebannya bareng bareng mau ga?? alias nonton nya lewat TV berbayar?? olimpiade lalu, udah ada yg beli hak siarnya, tapi tiv berbayar, ga banyak juga yang mau langganan dan bayar buat nontonnya..ayo doong… kita juga punya tanggung jawab.. mahal lho..hak siarnya.. kalo EURO..tayangnya diatas jam 12 malem.. brand yang punya duit kan rokok..jam segitu mereka boleh pasang iklan. kalo olimpiade ini.. jam 9 pagi ampe jam 12malem.. rokok ( kalo boleh nyeponsorin..), cuman boleh beriklan jam 9.30 malem.. jadi banyak yg ga mau.. ayoooooo kita patungaaaaaann.

    Balas
  • 9. arvina  |  15 Juli 2008 pukul 12:45 pm

    Maklum om Bulutangkis bagi TV lokal adalah lebih kepada olahraga NASIONALIS dan bukan olahraga BISNIS kayak sepakbola

    Balas
  • 10. enjii  |  15 Juli 2008 pukul 2:34 pm

    RCTI lbh mentingin sinetron2nya yg gak bermutu itu…
    dasar tv bego.

    Balas
  • 11. Radina  |  16 Juli 2008 pukul 4:53 pm

    denger2 c tvri maw nayangin

    Balas
  • 12. rahma marissa  |  16 Juli 2008 pukul 7:03 pm

    ih dasar TV lokal memang payah bgt!ni mo harumkan bangsa malah buatin sinetron yang gak mutu bgt!ah payah…………..bgt!!!!!!!!!!!!!!
    pdhl kan q dah tunggu2 olimpiade ini,biar bisa liat vita&butet lagi.
    tapi katanya di TVRI bakalan di tayangin olimpiade nanti.eh iya katanya lagi,beneran gitu vita,butet,flandy&nova gak bakalan ikut?aq dengerinnya d TVRI katanya mereka itu udah termasuk senior jadi bakalan di ganti ama pendatang baru.bener ga ya????
    ah………….sayang banget klo mereka gak ikut,mereka kan idolaku bgt.!!!!!!!ah………..vita jangan kluar dari pelatnas donk…………….!!!!!!!!!!

    Balas
  • 13. puput  |  18 Juli 2008 pukul 1:38 pm

    ayo jangan malu maluin negara indonesia p ti bisa kalahkan si china baong dan negara lain supaya indonesia tambah ngetop

    Balas
  • 14. puput  |  18 Juli 2008 pukul 1:44 pm

    eh bwt rahma marissa emang benar apa butet and friend g main gimana si yg ngatur senior kan hebat dari pd pendatang baru yg baru ngerti mendingan senior dong … apa mang dah lebih umur tapi w liat di koranpemain china seperti xie xingfang main kok lemes w danger nya

    Balas
  • 15. bonny  |  18 Juli 2008 pukul 11:30 pm

    indonesia payah……..masak siaran olimpiade gak ada?kapan olahraga indonesia mau maju?mendingan duit yang dikorupsi para pejabat kita yg terhormat itu dibayarin buat siaran olimpiade…klu dikorupsi kan cuman pejabat yg menikmatin.klu dibyr utk siaran olimpiade masyarakat indonesia yg menikmatin,jadi uang tsb jadi halal…

    Balas
  • 16. Dania  |  19 Juli 2008 pukul 7:56 am

    Hi semua, TVRI sudah konfirmasi akan menayangkan langsung Olimpiade. Berita lengkapnya dapat dibaca di “Confirmed, TVRI Tayangkan Olimpiade Beijing 2008” di https://bulutangkis.wordpress.com/2008/07/16/confirmed-tvri-tayangkan-olimpiade-beijing-2008/

    HIDUP TVRI, HIDUP INDONESIA!

    Balas
  • 17. Dania  |  19 Juli 2008 pukul 7:58 am

    @Rahma. Pebulutangkis kita semuanya yang terdaftar masih ikut semua. Tentunya mereka tdk akan melewatkan turnamen satu ini karena hanya terjadi 4 thn sekali dan Indonesia punya komitmen untuk meneruskan tradisi emas Olimpiade di bulutangkis. Semua yg ikut: Sony, Taufik, Maria Kristin, Markis/Hendra, Luluk/Alvent, Flandy, Vita, Nova, Butet.

    Balas
  • 18. Cha2  |  19 Juli 2008 pukul 9:39 pm

    G5n si msa’ tg olimpiade g bkal dtyangin d INA.Uch…Dasar ina cm mentingin sinetron dr pD event yg pnting wat bangsa INA

    Balas
  • 19. puput  |  20 Juli 2008 pukul 2:06 pm

    duh aq dah gak sabar bwt nonton olimpiade baijing apalagi di cabang bulutangkis soalnya ada si hebat and keren and cantik lilyana natsir idolaku bgt indonesia ayo berjuang untuk membangunkan negara kita buktikan bahwa kita bukan nagara yg gampang di kalahkan kita bisaaaaaaaaaaaaaaaa tunjukan kemampuan indonesia kita tdk boleh kalah semangat selalu utk membela negara indonsia yg terbaik di dunia aq selalu mendukungmu

    Balas
  • 20. nita  |  21 Juli 2008 pukul 6:55 pm

    cpeeeeeeeeeeeeee deh g d tyangin d tv………
    tyangin duuung….sya udh nunggu2…msa g d tyangin……….jhaaaaaaaaaaaaaaaaatttttttttt……..huh sbl….

    Balas
  • 21. Dania  |  21 Juli 2008 pukul 7:00 pm

    @Nita: ditayangin kok di TVRI. Baca berita2 terakhir deh

    Balas
  • 22. Nida snecis  |  22 Juli 2008 pukul 3:03 pm

    Hmmmm.. Pgn cpt2 bln Agstus nih,. Tp kalo g slh BT mlayx bkn tgl 8 dh, klo g slh tgl 16-an gtu. Tp tu bnr g y???! Bwt ‘dania’, mank km rprter y? Kok tw bxk ttg BT?!

    Balas
  • 23. andre  |  26 Juli 2008 pukul 7:05 pm

    aku mOhoN tloNg ditayangkan ajang olimpiadE beijing?yg pling pnting hrus ditayangkan dlam caBang buluTangkis?krn aku slah satU pengGmar berat buluTangkis?msah piala urope dityangkn msah olmpiadE beijing engGa?paya…?mana indoNesia mau brkmbAng?pokokx olmpidE bjing hrus ditayangkn diIndOnesia?mau stsiun mana ke?yg pnting hrus dityangkan dlam bdang buluTangkis?aku ngeFans sm vita marisSa n lilyana natsir n markis kido n hendra setiawan muda2han kalian menang n bwh plang meDali emas untUk bumi pertiwi?semangat ya broOoOo?

    Balas
  • 24. linda fans'y vita marissa  |  30 Agustus 2008 pukul 7:57 pm

    vita marissa , I LOVE YOU !!

    Balas
  • 25. Albert  |  15 Oktober 2008 pukul 8:52 pm

    Wah hebat sekali Indonesia!!!!!!!!
    Berjuang Terus ya!!!!
    Aq dukung 100%

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Juli 2008
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

%d blogger menyukai ini: