Tonton Bulutangkis dengan Modal Internet

5 Juli 2008 at 10:02 am 10 komentar

Kita tentunya perlu berterima kasih dengan TransCorp karena mulai cukup aktif menayangkan turnamen bulutangkis (walaupun masih dalam tahap turnamen dalam negeri – bahkan hanya turnamen yang di Jakarta) di layar kaca masyarakat Indonesia. Ini tentunya peningkatan positif dibandingkan dulu ketika turanmen bahkan yang dalam negeri pun tidak disiarkan.

Tetapi bagi mereka yang ingin terus mengikuti jalannya turnamen bulutangkis internasional, tidak dapat bergantung semata pada TV lokal kita – setidaknya tidak untuk saat ini. Dan alternatif yang ada saat ini berada di layar kaca lainnya, yakni layar monitor komputer yang tercolok Internet kecepatan tinggi.

“Nonton Siaran Langsung”

Untuk turnamen-turnamen yang berlangsung di Asia, biasanya akan ada TV lokal atau wilayah di sekitarnya yang menyiarkan langsung. Saat TV lokal kita tidak menyiarkannya, kita bisa menontonnya lewat TV-TV luar negeri tersebut. Yang paling sering menyiarkan di antaranya adalah Astro Sport dan RTM-1 (Malaysia), CCTV 5 dan GDTV atau Guangdong TV (Tiongkok).

Kebanyakan masyarakat Indonesia tidak memiliki akses menonton TV-TV ini. Tapi dengan bertambah baiknya kapasitas dan kecepatan Internet dalam negeri, kita sekarang dapat menikmati nonton langsung lewat Live Streaming.

Live Streaming ini dapat diibaratkan nonton TV langsung (real-time) lewat Internet. Tinggal “setel” masuk ke saluran, misalnya, GDTV, langsung deh bisa nonton.

Yang perlu dilakukan adalah meng-install software untuk Live Streaming tersebut ke dalam komputer Anda yang tercolok Internet cepat. Setelah meng-installnya, Anda dapat melihat daftar (dan mencari) saluran-saluran TV yang tersedia lewat software tersebut. Pilih saluran yang Anda mau, tunggu sebentar untuk software terhubung ke saluran TV tersebut, kemudian tidak lama kemudian akan muncul “TV” mini di layar komputer Anda.

Software yang bisa Anda pakai di antaranya adalah Sopcast dan TVAnts. Anda dapat mengunduhnya lewat situs ini: www.sopcast.com (untuk Sopcast) atau http://tvants.en.softonic.com/download (untuk TVAnts). Perhatian! Software ini bersifat peer-to-peer (alias “sharing” antar pengguna), jadi pastikan antivirus Anda selalu ter-update sebelum Anda mengunduh software Live Streaming ini dan juga selama memakainya.

Perhatian! Untuk menikmati layanan ini Anda membutuhkan koneksi Internet cepat. Kalau tidak, gambar akan terputus-putus atau bahkan tidak muncul sama sekali. Sebagai contoh, saya menggunakan Internet kabel kecepatan 768 kbps (shared), hasilnya walaupun kualitas gambar tidak 100% baik, tetapi pergerakan gambar tidak terganggu.

Untuk RTM-1, seringkali RTM menaruh Live Streaming di websitenya www.rtm.net.my.

Tidak Ada di TV Lokal, Kecepatan Internet tidak Memadai?

Jika kecepatan Internet Anda belum memadai untuk Live Streaming dengan kualitas yang baik, jangan sedih. Anda tetap dapat mengikuti jalannya pertandingan atlit merah-putih di www.tournamentsoftware.com.

Memang bukan “TV”, Anda hanya akan menonton pergerakan angka. Tetapi lebih baik daripada tidak tahu sama sekali. Pergerakan angka ini berlangsung real-time juga, dan bahkan aplikasi Live Scoring terbaru Tournament Software sekarang sudah lebih cantik. Kita dapat melihat statistik, seperti atlit A skornya 15 – enam angka dari clear, tiga angka dari permainan net, lima angka dari smes, dan satu angka dari Other (atau biasanya dari kesalahan lawan). Kita juga bisa menyaksikan kedudukan perkejaran angka kedua belah pihak yang sedang bermain.

Karena ini system web-based atau berbasis Website, Anda dapat lebih bernafas lega karena virus tidak segentayangan seperti layaknya di software peer-to-peer seperti Sopcast dan TVAnts.

Jadi?

Jadi, marilah kita terus dukung atlit merah-putih kita dengan menyaksikan perjuangan mereka di tanah air maupun di luar negeri lewat medium yang dapat kita gunakan!

(Pssst, kalau TV lokal kita tidak bergerak cepat sedangkan Internet semakin memadai di Indonesia, bisa-bisa TV lokal kita kalah pamor dalam hal tontonan bulutangkis!)

Entry filed under: Media, Opini. Tags: , , , , , , , , , .

Butet: Muda, Keren, dan Berprestasi Tan Joe Hok Difilmkan

10 Komentar Add your own

  • 1. Ami_Dia  |  9 Juli 2008 pukul 11:29 pm

    betuuuuuuul!!
    huhu kalah pamor loe tv lokal,hehe..
    makanya belajar!! belajar buat ngehargai jerih payah orang lain yang kerja keras bawa nama bangsa di negara orang, bukan cuma mikirin bayaran buat nayangin dengan ngeliat rating dlu..
    huh..cuape deh
    hehe.. (^_^)

    Balas
  • 2. PUPUT  |  10 Juli 2008 pukul 1:40 pm

    BYE AYO AYO B JUANG

    Balas
  • 3. Nida snecis  |  13 Juli 2008 pukul 2:01 pm

    Malu donk!!prtndgn Ngra laen aj d siarn(pas UERO),msa ngra sndri ¥ mw brjuang g d tygn?Mn bktix klo qt cnta INDONESIA?!jgn cmn ngmong tp bktiin!! Klo pei g d tygn,emg krg ajr,msa klh am MLY?!g bgt kn? Aplg pmain BT qt tu ud d pnck kjyaanx?! Dkung donk!!

    Balas
  • 4. tYa  |  14 Juli 2008 pukul 1:20 pm

    ban9sa y9 bAik adaLah bAn9sa yan9 biSa mEn9haR9ai jeRih pAyaH perjuan9an rakyatnya…

    maSa cUma TVRI y9 nYiaRin oLympiadE??pdhL sTasiun TV di Ind kAn bYk…

    RcTi aJa biSa naYan9in Euro y9 jeLas” Ind 9ak maEn..maSa oLympiadE y9 Ind ikut bErpaRtisiPasi 9ak bS naYan9in…

    aPaan tu???9ak ciNta Ind ya??

    Balas
  • 5. Yani  |  19 Juli 2008 pukul 6:54 pm

    Maklum lah byk stasion tv indo yg gak nyiarin perjuangan anak indonesia. Kan kebanyakan y punya stasiun tv ntu kan setengah indo. Klo btuh ngaku indo klo gak butuh ya bodo amat ma indo. Dsar parasit.

    Balas
  • 6. riant  |  14 Agustus 2008 pukul 11:31 am

    oke juga nonton siaran TV lewat internet tapi gw blom berhasil juga ng-downloadnya he.he… coz gw gaptek kali ye… atawa memory PC gw gak cukup atawa juga kecepatan internet gw yang padat merayap???? can you help me, plizzzz!!!

    Balas
  • 7. Dania  |  14 Agustus 2008 pukul 1:32 pm

    @riant. kalo dr download aja blm berhasil, kemungkinan ada beberapa hal: (1) kemungkinan besar kapasitas bandwidth (internet) kurang memadai, dan/atau (2) kemungkinan kecil karena system requirement komputer kurang memadai.

    sbg contoh, inet gw kecepatannya 400-600 kbps (shared), itu hasilnya udah lumayan (maksudnya uda tmsk kategori ok utk ditonton), walaupun msh blm sejernih TV biasa.

    Dari system requirement, rasanya nggak heboh2 amat mintanya. yg pasti RAM ga butuh terlalu besar jg, yg penting pd saat nonton, usahakan utk tdk membuka terlalu banyak aplikasi/program lain. Graphic card jg perlu dilihat. Tp rasanya yg standar uda ok kok, soalnya gw pernah ntn dr laptop gw yg standar abis, tetep bisa kok.

    Good luck!🙂

    Balas
  • 8. sabrinahana0desu  |  18 Januari 2009 pukul 9:13 pm

    hihih tv yang bnyk yng bny chanel nya apa yah^^

    Balas
  • 9. pio  |  21 Maret 2009 pukul 11:54 am

    hihihi……..emang gimana cih caranya biar bisa nonton.vi dah nyobain masuk tapi gak ngerti gimana caranya.plesae help me…………

    Balas
  • 10. anita  |  20 April 2009 pukul 1:48 pm

    heuheu,, yupzz Tv” lokal cmn mentingin sinetron ma rating aja,,
    g ada rasa nasionalisme sm sekali ..
    hmmm,, trs gmn y sudirman cup bln mei besok ne,,
    ada gk Tv lokal yg bakalan nyiarin ???

    amppuuuun dech ma TV lokal,,
    capeeeqq protes” trz, tp gk pernah digubris,~_~

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Juli 2008
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

%d blogger menyukai ini: