Pelajar Indonesia Berpeluang Rebut Semua Gelar Ganda

28 Juni 2008 at 11:44 am 1 komentar

Manila, Filipina, 28 Juni 2008 – Di Kejuaraan Bulutangkis ASEAN Antar-Sekolah yang berlangsung di Manila, Filipina, Indonesia berpeluang merebut tiga medali emas di sektor ganda, tetapi semuanya harus melewati para pelajar Thailand terlebih dahulu. Thailand di kejuaraan ini memiliki wakil di semua lima partai. Muhammad Ulinuha dan Della Destiara Haris adalah dua unggulan merah-putih. Keduanya bermain rangkap, di ganda campuran dan ganda putra/putri dan sama-sama melaju ke final. Mereka berdua hari ini berhadapan dengan Bodin Isara/Nuttaya Sanlekanun.

Dari ganda putra, Ulinuha berpasangan dengan Rendy Sugiarto untuk berjibaku melawan Sarayuth Seatung dan Sermsin Wongyaprom, sedangkan di ganda putri, Della yang berpasangan dengan Ni Made Claudia Ayu Wijaya akan berusaha melewati Artima Serithamarak/Chayanit Chaladchalam.

Walaupun bukan prestasi buruk, tetapi pelatnas perlu berhati-hati dan menyalakan lampu kuning. Pasalnya, hanya satu dari enam pelajar kiriman pelatnas yang berhasil lolos ke final – Rendy Sugiarto. Lima lainnya gugur, dan lima pelajar finalis lainnya datang dari berbagai klub bulutangkis Djarum dan Jaya Raya.

Apalagi turnamen ini juga dapat dijadikan sketsa kasar peta persaingan bulutangkis ASEAN 5-7 tahun mendatang. Diperuntukkan hanya bagi mereka yang berusia maksimum 17 tahun, ternyata Thailand yang paling sukses meloloskan finalis. Rasio pelajar Thailand masuk ke final adalah 50% atau satu dari dua wakilnya di tiap partai melaju ke final – setiap negara hanya dapat mengirimkan maksimal dua wakil di tiap partai.

Tentu saja rasio tersebut mengejutkan karena selama ini yang biasanya mendominasi kursi final ASEAN adalah Indonesia atau Malaysia. Di Filipina kali ini, rasio Indonesia ternyata hanya 30%, dimana “hanya” tiga dari total 10 wakil yang melaju ke final, sedangkan Malaysia 20%.

Jadi jika dirangkum, kekuatan ganda Indonesia masih akan digdaya sampai kurang lebih 5-7 tahun ke depan di kawasan ASEAN. Tetapi dari sisi partai tunggal, Indonesia masih perlu berbenah. Ini berbeda dengan Malaysia yang tunggalnya terlihat lebih mumpuni, padahal selama ini kekuatan Malaysia juga ada di partai ganda. Boleh disinyalir bahwa Malaysia selangkah lebih maju dalam mempersiapkan tunas muda partai tunggal dibandingkan Indonesia.

Dan kekuatan Thailand di masa depan perlu diantisipasi. Thailand lima tahun belakangan ini mengalami pertumbuhan signifikan – walaupun masih tergolong lebih lambat dibandingkan India – dalam hal prestasi bulutangkis. Dimulai dari sang “senior”, Boonsak Ponsana (tunggal putra) dan Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam (ganda campuran), saat ini Thailadn sudah memiliki lapis dua yang lebih tebal dan juga teilang berprestasi. Jika sekarang tunas mudanya seperti yang terlihat di Filipina ini, maka tidak berlebihan jika Thailand lima tahun lagi akan memiliki lapis yang lebih tebal lagi dan menjadi salah satu negara Asia yang perlu dianggap sebagai lawan serius dalam bulutangkis!

Inilah lampu kuning bagi pelatnas. Perlu diingat bahwa peta persaingan ini belum mencakup beberapa negara adidaya bulutangkis lainnya, seperti Tiongkok dan lepasannya (Hong Kong dan Taipei), Denmark, dan Inggris – dan India yang belakangan ini sangat gencar dan masal dalam pembibitan bulutangkis, dan sedikit-sedikit mulai terlihat sodokannya.

Bersiaplah, Indonesia!

Yang Belajar, Yang Bersaing

Catatan: dalam kurung adalah asal klub/pelatnas, dan yang ebrcetak tebal adalah finalis

Putra: Fernaldi (Tangkas)

Evert Sukamta (Tangkas)

Alrie Gunadarma (Mutiara)

Wahyu Nayaka (Ratih)

Kevin Atonius (Pelatnas)

Angga Pratama (Pelatnas)

Rendy Sugiarto (Pelatnas)

Moh. Ulinuha (Djarum)

Putri: Febby Angguni (Pelatnas)

Siti Anida (Pelatnas)

Ana Rovita (Djarum)

Tiara Rosalia (Mutiara)

Aurien Hudiono (Suryanaga)

Anneke Fenya (Pelatnas)

Ni Made Claudia Ayu Wijaya (Jaya Raya)

Della Destiara Haris (Jaya Raya)

Entry filed under: Turnamen. Tags: , , , , , , , , , , , .

Sony, si Kalem Menghanyutkan dari Jawa Timur Butet: Muda, Keren, dan Berprestasi

1 Komentar Add your own

  • 1. puput  |  6 Juli 2008 pukul 3:50 pm

    ayo semangat ingat negaramu

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Juni 2008
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

%d blogger menyukai ini: