Pemain Bulutangkis Terbaik Tahun 2007

25 Januari 2008 at 8:59 am 52 komentar

Oleh Hendri Kustian, Masyarakat Bulutangkis Indonesia (MBI)

Ritual akhir tahun dari berbagai organisasi dan media Olahraga tingkat internasional dan regional salah adalah menentukan atlet terbaik dari berbagai cabang Olahraga. Sebagai contoh induk organisasi sepak bola dunia, FIFA menetapkan pesepakbola asal Brazil, Kaka sebagai yang terbaik sepanjang 2007. Dari cabang Tenis terpilih Roger Federer dan Justine Henin sebagai petenis terbaik pria daan wanita. Lain halnya dengan cabang bulutangkis, sampai saat ini organisasi bulutangkis dunia WBF belum menetapkan yang terbaik di cabang ini, bahkan penerima penghargaan 2006 pun tidak diadakan. Pebulutangkis terbaik tahunan versi WBF (dulu IBF) akan mendapat penghargaan “Eddy Choong Award”. Selama penyelenggaraan Award ini, Indonesia menjadi negara terbanyak meraih gelar tersebut. Award buat Indonesia diperoleh oleh Chandra Wijaya (2000) dan Taufik Hidayat (2004-2005) disusul Korea dengan sebanyak dua kali melalui Kim Dong Moon (2002), Kim Dong Moon / Ra Kyung Min (2003) dan Denmark melalui Peter Gade Christiansen (1998) dan Camilla Martin (1999). Negara bulutangkis lainnya China meraih gelar melalui Gao Ling (2001)

Pada tingkat nasional, belum ada lembaga yang memberikan penghargaan khusus untuk pebulutangkis terbaik. Kalaupun ada masih digabung dengan cabang lain dengan label “Atlet Terbaik Indonesia”. Dua lembaga yang paling konsisten memberikan penghargaan tersebut adalah Tabloid Olahraga “Bola” dan PWI SIWO Jaya. Pada penyelenggaraan oleh Tabloid BOLA tahun 2006 yang perhargaan diberikan setiap Maret tahun berikutnya, cabang bulutangkis gagal mendominasi penghargaan seperti saat tahun-tahun kejayaan bulutangkis Indonesia. Atlet terbaik Putra 2006 jatuh ke tangan Cris Jhon dari cabang tinju, sedangkan atlet terbaik putri diperoleh peboling Putty Armein. Atlet catur putri, Irene Kharisma terpilih sebagai atlet muda harapan. Penghargaan lainnya Pelatih dan tim terbaik jatuh ke cabang sepak bola melalui pelatih Benny Dollo dan tim sepak Bola Arema Malang. Satu-satunya penghargaan yang diterima cabang bulutangkis adalah “Life Time Achiement” yang dinobatkan kepada tokoh bulutangkis sekaligus pembina klub Jaya Raya, Ciputra. Penghargaan yang sama dengan yang diberikan kepada tokoh Sepak Bola, LH Tanoto
Memilih pemain pebulutangkis terbaik dunia akan lebih mudah jika dipilih untuk masing-masing nomor tunggal putra-putri, ganda putra-putri dan campuran karena cukup melihat peringkat dunia. Tentunya gelar terbaik akan berada ditangan peringkat terbaik masing-masing nomor yaitu Lin Dan ditunggal putra, Xie Xingfang di tunggal putri, Koo Kean Keat /Tan Boon Heong di ganda Putra, Zhang Yawen / Wi Yili di ganda putri dan Zheng Bo / Gao Lin di ganda campuran. Namun cerita akan berubah jika hanya memilih satu nama saja untuk putra dan satu untuk nama putri bahkan akan lebih akan menjadi perdebatan jika yang dipilih satu orang terbaik tanpa membedakan putra dan putri seperti yang biasanya dilakukan dalam penghargaan Eddy Choong Award.
Pada akhir tahun 2007 ini, Kolom ini yang dipublikasikan oleh web site www.bulutangkis.com akan memilih tiga pemain terbaik putra dan tiga pemain terbaik putri. Dari keenam pemain terbaik tersebut akan ditetapkan pemain yang berhak menjadi “best of the best” tahun ini baik untuk tingkat dunia maupun tingkat nasional. Dari kelompok Putra penghargaan pertama jatuh kepada pebulutangkis tunggal putra China, Lin Dan. Prestasi fenomenal yang dibuat Lin Dan tahun ini dengan menjadi Juara dunia, 5 gelar juara Super series dan 1 gelar grand Prix. Peringkat kedua jatuh ke Pemain China lainnya Zheng Bo yang tampil di nomor ganda campuran berhasil meraih gelar 7 gelar juara. Pencapaian Zheng Bo memang sama banyaknya dengan Lin Dan tetapi Lin Dan menjadi nomor wahid karena statusnya sebagai juara dunia. Tempat ketiga terpilih salah satu dari pasangan ganda putra Malaysia Koo Kean Keat / Tan Boon Heong yang merupakan pasangan ganda putra peraih gelar tebanyak tahun ini dengan 4 gelar Superseries dan dua gelar juara Grand Prix Gold. Mereka juga berada di peringkat satu dunia ganda putra di penghujung tahun 2007 ini. Pertanyaannya siapa yang berhak ditempatkan pada peringkat ketiga karena mereka membuat prestasi bersama-sama? Penulis memutuskan Koo Kean Keat yang berhak lebih unggul dari rekannya, karena Koo Kean Keat mempunyai prestasi tambahan di nomor ganda campuran. Berpasangan dengan pemain putri Wong Pty Ty, Koo berhasil masuk babak 8 besar ganda campuran Super Series Korea Terbuka sebelum akhirnya Koo berkonsentrasi penuh di nomor ganda putra. Selain tampil di Korea, Koo / Wong sempat diundang untuk tampil di turnamen Uji Coba Olimpiade di Beijing China. Sebenarnya pasangan Indonesia Markis Kidho / Hendra Setiawan layak dilirik sebagai 3 besar dengan prestasi nya sebagai Juara Dunia. Sayangnya Pencapaian Kidho / Hendra kurang sempurna karena mereka belum sekalipun bisa menundukkan pasangan terbaik Malaysia itu dalam berbagai turnamen.
Pada bagian Putri, nama Gao Ling tetap menjadi ratu dunia. Tampil di dua nomor ganda putri dan campuran menjadikannya sebagai pemain dengan gelar juara terbanyak tahun ini. Dinomor ganda putri bersama Huang Sui, Gao Ling meraih 2 gelar Super Series dan 2 gelar grand Prix Gold ditambah satu gelar Supeseries lagi ketika berpasangan dengan Zhao Tingting menjuarai turnamen China Open. Pada nomor ganda campuran yang berpasangan dengan Zheng Bo, meraih 6 gelar super series dan gelar grand Prix. Total gelar juara yang dikumpulkan Gao Ling dari dua nomor tersebut sebanyak 12 gelar juara. Peringkat kedua juga masih milik pemain China Xie Xingfang yang mengumpulkan tujuh gelar juara yang terdiri dari lima super series, satu grand prix gold dan satu grand prix. Peringkat ketiga milik pemain China lainnya, Yang Wei yang menjadi juara dunia ganda putri bersama Zhang Jiwen yang dilengkapi dengan 2 gelar juara Super series dan 2 gelar juara grand Prix. Gelar juara tersebut masih ditambah 1 gelar super series dan gelar juara Asia berpasangan dengan Zhao Tingting menjadikannya perebut 6 gelar juara.
Khusus pemain putra Indonesia, ada tiga pemain yang paling menonjol sepanjang tahun ini yaitu Nova Widianto, Markis Kidho dan Hendra Setiawan. Mereka mengumpulkan gelar juara juara turnamen resmi WBF sama banyaknya yaitu sama-sama menjadi juara dunia, 2 gelar superseries dan 1 gelar juara Grand Prix. Satu-satunya keunggulan Markis dan Hendra dari Nova adalah pada turnamen level Sea Games yang lalu dimana Markis / Hendra meraih emas sedangkan Nova meraih perunggu di nomor ganda campuran. Markis / Hendra juga berperan mengantarkan Indonesia dalam meraih medali medali emas nomor beregu dalam event tersebut. Dengan pertimbangan tersebut maka Nova cukup ditempatkan di posisi ketiga. Pertanyaannya siapa yang berhak menjadi pemain terbaik putra terbaik Indonesia antara Markis Kidho dan Hendra Setiawan. Prestasi mereka tidak dapat dipisahkan satu sama lain sehingga keduanya layak menempati nomor wahid. Kalaupun akhirnya terpaksa memilih salah satu dari keduanya maka penulis lebih memilih Markis Kidho menempati nomor satu. Satu-satu keunggulan Markis dari pasangannya adalah Markis lebih banyak dimainkan pada Piala Sudirman lalu. Berpasangan dengan seniornya Chandra Wijaya, Markis menjadi penyumbang point yang mengantarkan tim Sudirman Indonesia ke babak Final.
Pada bagian Putri hanya dua nama yang berhak memperebutkan posisi yang terbaik yaitu Vita Marissa dan Lilyana Natsir. Mereka sama-sama menjadi dua kali menjadi juara superseries dinomor ganda campuran dengan pasangannya masing-masing dan satu kali secara bersama-sama menjuarai nomor ganda putri. Pada turnamen grand Prix Gold Vita Marissa yang berpasangan dengan Flandy Limpele meraih satu gelar di Thaiwan Open, sedangkan Lilyana Natsir meraih juara bersama Nova Widianto di Philipina Open. Lilyana Natsir mempunyai keunggulan dengan merebut gelar juara dunia, sedangkan Vita mempunyai keunggulan meraih emas ganda campuran Sea Games. Dengan emas itu, Vita mejadi pebulutangkis yang meraih medali emas terbanyak sebanyak 3 emas (ganda putri, ganda campuran dan beregu putri). Namun dengan pertimbangan gelar juara dunia yang lebih bergengsi maka Lilyana Natsir ditempatkan sebagai nomor wahid dan Vita di posisi runner up. Tempat ketiga layak diberikan kepada peraih emas tunggal putri Sea Games, Maria Kristin.     
Pemilihan “Best of The Best” tingkat dunia antara Lin Dan dan Gao Lin, maka penulis masih lebih memilih Gao Lin sehingga Gao Ling layak diusulkan menjadi peraih gelar “Eddy Chong Award” untuk kedua kalinya. Sedangkan untuk tingkat nasional memilih yang terbaik antara Markis Kidho dan Lilyana Natsir juga pemain putri yang lebih layak terpilih menjadi “Pebulutangkis Terbaik Indonesia 2007″. Penulis juga mengusulkan kepada komunitas pecinta bulutangkis terbesar di Indonesia, MBI (Masyarakat Bulutangkis Indonesia) memberikan “MBI Award 2007″ kepada Lilyana Natsir. Pemilihan ini lebih didasarkan kepada pengamatan penulis sepanjang tahun ini dan memungkinkan berbeda dengan pemilihan yang dilakukan oleh lembaga atau pihak lainnya.
Resume Pebulutangkis Terbaik versi Kolom Hendri Kustian :
Terbaik Putra Tingkat Dunia :
1. Lin Dan, China (Juara Dunia, 5 Superseries, 1 Grand Prix)
2. Zheng Bo, China (6 Gelar Superseries, 1 Grand Prix)
3. Koo Kean Keat, Malaysia (4 Gelar Superseris, 2 Grand Prix Gold)
Terbaik Putri Tingkat Dunia :
1. Gao Lin, China (9 Gelar Superseries, 2 Grand Prix Gold, 1 Grand Prix)
2. Xie Xingfang, China (5 Gelar Superseries, 1 Grand Prix Gold, 1 Grand Prix)
3. Yang Wei, China (Juara Dunia, Juara Asia, 2 Superseries, 2 Grand Prix)  
Terbaik Putra Tingkat Nasional :
1. Markis Kidho (Juara Dunia, 2 Superseries, 1 GP Gold, 2 emas SEAG)
2. Hendra Setiawan (Juara Dunia, 2 Sperseries, 1 GP Gold, 2 emas SEAG)
3. Nova Widianto (Juara Dunia, 2 Superseries, 1 GP Gold)
Terbaik Putri Tingkat Nasional :
1. Lilyana Natsir (Juara Dunia, 3 Superseries, 1 GP Gold, 2 emas SEAG)
2. Vita Marissa (3 Gelar Superseries, 1 GP Gold, 3 emas SEAG)
3. Maria Kristin (Juara tunggal putri Sea Games)
Pemain Indonesia Non Pelatnas Putra Terbaik :
1. Yonathan Suryatama (1 gelar GP Gold, 1 Challanger, 1 Satelitte)
2. Rian Sukmawan (1 gelar GP Gold, 1 Challanger)
3. Andre Kurniawan (1 Grand Prix)
Pemain Indonesia Non Pelatnas Putri Terbaik :
1. Meliana Jauhari (1 gelar Chalanger, 2 gelar satelitte)
2. Shendy Puspa (1 gelar Challanger, 1 gelar Sateliite)
3. Debby Susanto (Juara Asia Junior, Juara nasional Taruna, SF Dunia Junior)

Entry filed under: Atlit. Tags: , , , , , .

Posisi Tuan Rumah sebagai Penunjang Prestasi Prediksi Pemenang Swiss Super Series 2008

52 Komentar Add your own

  • 1. Adunk(anak badunk)  |  17 Maret 2008 pukul 5:40 pm

    semua pemainn’a terbaik dunia masa indonesia terbaik Nasional ahh,,, mati aja ke jurang kalo gx ada laut…..

    Balas
  • 2. Dania  |  18 Maret 2008 pukul 9:07 am

    Persaingan di bulutangkis sekarang jauh lebih sulit dibandingkan dulu. Dulu hanya segelintir negara yang patut diwaspadai, sekarang dari beragam negara. Bendera yang berderet di 25 besar pun sekarang beraneka ragam, tidak seperti dulu, hanya Indonesia, Malaysia, China, Inggris, Denmark. Apalagi dengan meratanya kekuatan pelatih di berbagai negara karena banyak mantan atlit dari negara digdaya bultang melatih di negara non-digdaya, sehingga sekarang hasilnya kualitas atlit pun relatif setara. Dari sisi atlit kita, lebih sulit untuk terus-terusan konsisten karena mereka harus terus-terusan di garis depan, tidak ada “pelapis” yang bisa menggantikan mereka utk menyodok negara lain. Ini beda dengan China yang jika ada turnamen elit berturutan, mereka bisa bergantian utk merebut gelar. Lihat juga Malaysia, mereka mirip kita. Ada pemain top tapi pelapis minim sehingga mereka juga ga konsisten. Jadi memang kurang adil kalau kita membandingkan bultang jaman sekarang dgn jaman dulu. Jaman sudah berubah euy :)

    Balas
  • 3. FAUZI MAULANA AKBAR  |  13 Mei 2008 pukul 4:26 pm

    Apakah Taufiq Hidayat juga pemain terbaik tahun 2007

    Balas
  • 4. Dania  |  13 Mei 2008 pukul 4:37 pm

    Prestasi Taufik thn 2007 kurang cemerlang. Data di atas diambil dari jumlah gelar yang disabet.

    Balas
  • 5. firda  |  10 Juli 2008 pukul 11:22 am

    aku seneng banget ma pemain2 bulu tangkis…..

    aku bleh gak minta biodata dari masing2 pemain???

    plis dunk

    Balas
  • 6. mega  |  28 Juli 2008 pukul 11:38 am

    aku seneng n cinta bgat mapemain bulu tangkis indonesia, apalagi ma liliana natsir, Uuhh….keren abiss!!!!!.
    gue boleh minta biodatanya gak????
    plisss….bgettttt dUnkkk!!!!.
    kasih ya….kasihhhhhhhhhhhh,please?????????

    Balas
  • 7. Agus  |  15 Agustus 2008 pukul 7:29 am

    Kalau ada yg punya foto xie xingfang kirim ke email gue dong,maju terus. ozbourne_08@yahoo.com

    Balas
  • 8. igis  |  15 Agustus 2008 pukul 8:38 am

    auwh.. seneng bgt dech sama pemain ganda putra peringkat satu dunia 2007, hendra setiawan. minta biodata selengkap-lengkapnya donk!!! please…. abisnya gw seneng banget ma dia,,, hehehe…… mudah-mudahan aja dia bisa bawa emas buat indonesia di olimpiade beijing,,,

    Balas
  • 9. Wulan  |  22 Agustus 2008 pukul 7:33 am

    q ngefans bgt ma MARIA K,LILYANA N,VITA M,MALKIST K,HENDRA S DAN TAUFIK H.Aku pngn bgt jd pemain bulu tangkis kaya mereka yg bisa banggain INDONESIA.mInta alamat email’a semuuuuuuuuuaaaaaa yang pemain bulu tangkis dwooooooooooooooooooooooooong!!!!

    Balas
  • 10. ''Asty''  |  9 September 2008 pukul 3:46 pm

    Q sK bgt ma peMain” bulutangkis, sMuuuaanyaa . . . . . . . . . Kcuali taufik H. Q kecewa ma dy, pas d’beijing diawal pertandingan dy kaLah ma lawan yg peringkat’a jauh dibwah dy . . . . .
    Klo da briTa atau gambar ttng pemain bulutangkis krm ke email Q y,
    astymy_limaz@yahoo.com

    Balas
  • 11. tutas  |  16 September 2008 pukul 10:55 am

    chayooooooooooooooo
    k’ butet……….
    semangat.!
    buat kakak yang laen semangat jg yaaaaaaaaaaaaa?????????
    untk greace: aku salut dahhhhh……..

    Balas
  • 12. linda loviana  |  21 September 2008 pukul 11:28 am

    taufik hidayat kenapa kalau main kayaknya gk seriusBUANGETTTTT padahal saya sebagai warga indonesia sangat kagum padanya

    Balas
  • 13. Novi gita  |  1 Oktober 2008 pukul 9:08 pm

    Aq ng fans bgt ma pmain blu tgks.aplg ma kak butet,vita marisa, markis,hendra s,maria,selin taufik.smpn 7 sby byk xg ngefans ma kallian.

    Balas
  • 14. yana  |  4 Oktober 2008 pukul 8:34 pm

    aq kcwa ma prminan nova/butet dah 3 kali maju ke final pasti klah terus.tapi aq ngefans buuuuangeeet ma butet KLO da biodatanya krimin duooooooong

    Balas
  • 15. Atiex_cesc  |  12 Oktober 2008 pukul 9:13 pm

    Q ngefens bgtz ma liliana natsir butet, ,jg ma sim0n sant0s0. .mnt bi0dta n ft0′y za.krim ke emailQ.tp j0x di+in ft0′y taufik. .thanx.
    Cay0 trz bwt butet n sim0n.

    Balas
  • 16. emi  |  14 Oktober 2008 pukul 2:57 pm

    jadi atlet tuh susah gampang euy… buat yang mencerca mas taufik, jangan bagitu song,… bayangkan dia sudah 10 tahun berjuang membela nama bangsa… dia selalu menyumbangkan emas… masa karena sekarang dia sudah semakin tua dan performanya menurun, lantas dihina dia???? habis manis sepah dibuang … ah masa mental kalian cuma segitunya terhadap pahlawan kita??? pantes indonesia gak maju maju… la wong bisanya cuma menghina, coba aja anda yang main bulu tangkis, masuk kualifikasi aja udah keren… bisa loe kayak taufik yang udah bawa puluhan emas bergengsi untuk indoensia???? tegaaaa nyaaa….

    waktu beijing dia kalah pun itu udah keren banget tau… coba kalau anda habis kena demam ebrdarah??? paling jalan aja gak kuat, sedangkan taufik??? dia baru keluar dari rumah sakit karena demam berdarah seminggu sebelum tanding… jadi dia ikut tanding dan main aja itu dah keren banget…

    tau kan gimana lemesnya kena deman berdarah dan harus opnam 1 minggu???? ih kalian….!!!! tidak menghargai pahlawan

    Balas
  • 17. Radit  |  16 Oktober 2008 pukul 12:18 pm

    Pkokx lafF badmintoN dch,especially k hndra!Maenx top aBIZ

    Balas
  • 18. ope  |  19 Oktober 2008 pukul 2:43 pm

    he…he… saya rasa yang pantes tuh taufik hidayat, tapi markis kido jga bisa
    kalau pemain putri vita marissa aja lah,

    Balas
  • 19. Adhe R  |  30 Oktober 2008 pukul 9:59 am

    mNtA nOpE kAk BuTeT N’ kAk ViTa DuNn..
    Cz q N9e FaNz BeUd Ma MrqA..

    U/ sMu PmAiN BaDmInTo InDoNEsIa

    MAJU

    TERUZ

    PANTANG

    MUNDUR

    Balas
  • 20. tessa  |  8 November 2008 pukul 11:14 am

    kak maria kristin…………………………………………………………….

    luph u polepher…!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

    Balas
  • 21. tessa  |  8 November 2008 pukul 11:15 am

    keeeereeeennnssssssssssss

    Balas
  • 22. V3 lestaRi  |  24 November 2008 pukul 5:36 pm

    Mo tnyA alamAt + nO tlV ricky subAgia dUnNt!!
    W gi dA tgs neHh’ bwt wAwancaRa tokOh nAsionaL
    kL adA ya tAu lngsung kSh tAu ke (v_3_tari@yahoo.com)
    help me…

    Balas
  • 23. zulfatun ni'mah  |  1 Desember 2008 pukul 10:49 am

    aQ ngEfAns Bgtz…… ma’ ka’ simon.cZ dY cUaem,& klo mAEn tUcH keReN aBieZZ. Aq penGen taU aLamat ka’ Simon & no.Hp ka’ SimoN. nAch Q j9 mo tnYa ka’ SimOn kan LHiR-y d TeGal.tpat-Y d DaeRah mNa?.cz aq j9 OrNg TeGal.please………….! jwBn Krm K ninik_smp1@ plasa.com.ThaNk’s!!!!!!!

    Balas
    • 24. ozcha  |  5 November 2010 pukul 11:32 am

      eo aq jg ngefans bangeeeeeeeeeeeeeeeeetttttttttt ma simon dy tu kyut, sweat, keren……………………………. pokoknya ok banget dech!!!!!!!!!!!!!!

      Balas
  • 25. ftri nur fazriyah  |  1 Desember 2008 pukul 11:09 am

    wuihhhh……
    pemain bulu tangkis indonesia memang hebatzzzz……
    terus berjuang demi negara kita ya k2 pemain bulu tangkis indonesia……..
    cHa”””’
    Yo……

    GOOD LUCK……

    Balas
  • 26. ftri nur fazriyah  |  1 Desember 2008 pukul 11:16 am

    owh,,,y!!!
    ada yang lupa nich ka…….
    bleh minta foto-foto & biodata pemain bulu tangkis indonesia gax k???????
    terutama Foto k’ lilyana natsir & k’ greysia polii DuNk!!! Cz Q fAnz Brat’y mreka…….
    N’ ti2p Lam z Dweh Wat mreka semua…….( ^_^ )

    k’ LILYANA NATSIR N’ k’ GREYSIA POLII IS THE BEST FOR ME…..

    LOVE YOU FOREFER
    MMMMMMMMUACHHHHHHHHHH………..

    Balas
  • 27. bton  |  12 Desember 2008 pukul 11:50 pm

    claudia …………..kamu cute………

    Balas
  • 28. gie  |  12 Desember 2008 pukul 11:58 pm

    i love jayaraya
    mb kus mmmmuach…………
    claudia…….. kamu gesit and cute

    Balas
  • 29. avrieda  |  15 Desember 2008 pukul 10:48 am

    zMpaH Qw faNz bGt Ma’MaRkis kido N HeNdRa s3tiawaN

    pa’Lg pRMaiNaN M3Reka k’ReN bGt
    paZ qw NoNtoN p’RMaiNan MReka d’oLiMpiade3 beiJiNg
    ya qw aLHaMdulLiLH bGt MreKa bsa MnaNg

    pKoONya zuksEs trus wat p’MKaiN iNdonesia dCh
    i MizZ u wat k’MaRkis kiDo n k’ HendRa setiawaN.

    Balas
  • 30. Dea  |  20 Desember 2008 pukul 9:15 am

    aq ngefanz bgd am badminton,,apalgi pra pemain”a..Owwhh..Kreen bgd bgd bgd dgh…Pkok’a badminton is my life..Forever..I luv badminton Indonesia..

    Balas
  • 31. shifa  |  7 Januari 2009 pukul 8:38 pm

    aku suuuuuuuuuuuuuuuuuka bangetttttttttttttttttttttttttttt badminthon apalagi lihat pemainnya i love badminthon

    Balas
  • 32. diLLa MariSSa  |  8 Januari 2009 pukul 7:27 pm

    aq sih…..
    p’main trbaik……..
    y jlassss doooonnnnnkkkkkk………………
    siapa lgi……..
    VITA MARISSA………….

    Balas
  • 33. Zulfatun Ni'mah  |  28 Februari 2009 pukul 7:15 am

    Q ska BgtZ mA’ BadMinTon Cz Bkin Seneng & freSh’ I LOVE BADMINTON wat ParA PeMain_Y Keep SMilE & Spirit Okey! terutama wat k’ Simon Yang G’ Prnah SenYum. Senyum DOnk K’?????????? aQ ykin Senyum K2 psTi Maniez BgtZ Sprti Org-Y.

    Balas
  • 34. hana  |  1 Maret 2009 pukul 4:44 pm

    ada yg bilang sepak bola itu ada cinta

    Balas
  • 35. Anne  |  10 Maret 2009 pukul 6:28 pm

    q pingin tw nem 10 mantan pemain bultang indo yg mzk kepertandingan dunia

    Balas
  • 36. BL_Lya  |  17 Maret 2009 pukul 7:41 pm

    misi. . . Badminton is my life. Tak ada yg berkesan di hatiku kcuali badminton. Bwat k ‘ taufik cayoo trus bwat INA n bwat k’ butet/vita n k’ kidho/hendra trus b’juang tuk mendptkan kembali tahta kalian, jgn biarkan dia merebutnya dr tngan kalian. O ea, yg mao biodata k’ butet k fs gw j d Liiiiiaya_bultang@mania.com, eits jgn cmand d liat j tpi d add jg y dtunggu jg koment kalian. i looph badminton

    Balas
  • 37. evi  |  21 Maret 2009 pukul 1:14 pm

    klo kt aq cih yg pnts jd pemain badminton terbaik ina y jelas
    kak maria kristin donk…………………………………………………

    Balas
    • 38. gesah  |  2 Oktober 2009 pukul 2:30 pm

      koq ga Taufik Hidayat aja

      Balas
  • 39. Dwija  |  24 Maret 2009 pukul 2:30 pm

    Bwd aq pribadi pemaen buLutangkis Indonesia smuany bgus2 ..
    Tp d mtaq yg pntas dktkn sbg atLet trbaik, adaLah TAUFIK HIDAYAT ..
    Putra trbaik indonesia yg udah mengabdi bwd indonesia slama lbih dari 10 th ..
    Taufik Hidayat is the best deh pkokny ..

    Balas
  • 40. ayu  |  4 Mei 2009 pukul 12:32 pm

    memang sulit menentukan siapa yang pantes jadi atlet terbaik..
    tapi kalo menurutku TAUFIK HIDAYAT paling cocok..
    kalo diliat dari pencapaiannya selama ini,,, ku rasa dia pantes nyandang gelar tsb….
    Pokoknya taufik so great dewh…
    maju terus buat k’taufik hidayat

    Balas
  • 41. AGIT DESY NOOR  |  23 Mei 2009 pukul 8:05 pm

    menurut aq semua pemain indonesia itu terbaik,tapi pemain bultang yg paling ku kagumi adalah MARIA KRISTIN AND BUTET!!!!!!!!!

    Balas
  • 42. dhieta  |  25 Mei 2009 pukul 6:34 pm

    pemain bultang terbaik ???
    ya sonny dwi kuncoro lah sama markis kido
    keren bgt dah

    Balas
  • 43. anggra chubby cute  |  1 Juli 2009 pukul 11:31 am

    wow……anggra sk bgt ma pemain cipayung,co ce sama z….cz bagi anggra mreka da berjuang u/ indonesia !yah walapun asilx beda2!so hargailah usaha mreka n trs beri dukungan positif!cayo……cayo…….+

    Balas
  • 44. zhang  |  2 September 2009 pukul 10:52 pm

    INDONESIA, sabAAAR…. 2 taon lagE qt tunjukkin kekuatan..

    Balas
  • 45. deliani  |  6 Februari 2010 pukul 4:30 pm

    eh q mau jd kaya susisusanti

    Balas
  • 46. Nur  |  11 Februari 2010 pukul 12:20 pm

    Bdmintn,bdmintn,bdmintn is my lifE. .
    Q ska bngeD m bdmintn, ngfns bngeD m smw pemain indnesia,,

    bdmNtn indnesia mju TErus. .

    Balas
  • 47. damanik  |  30 Maret 2010 pukul 5:54 am

    buat: astymy_limaz
    ya kamu karena ga pemain bisa bialng gitu,namanya permainan ada kalah dan ada menang….sekalipun mas topik sudah mencoba untuk menng tapi kali akhirnya ya apa boleh buat berarti bukan rezeki…kamu harus dukung ga boleh gitu okay friend kita indonesia bersatu….buat para pemain batminton aku mendukung kalian semua harum kan nama bangsa kita indonesia

    Balas
  • 48. DEWI  |  9 Mei 2010 pukul 4:00 pm

    Aku seneng baget ama cmua pemain Batminton apalagi AmaTaufik Hidayat moga Batminton d indonsia tmbh mju ea……………

    Balas
  • 49. RAINESTHOOD MYEDANARIEKHA  |  17 Mei 2010 pukul 7:41 pm

    Indonesia harus lebih gigih mempertahankan juara dan seharusnya atlit badminton indonesia harus diberi fasilitas yang cukup agar mampu berjuang melawan musuh….

    Balas
  • 50. GRACE  |  18 Februari 2011 pukul 4:36 pm

    Lovee youu taufikk hidayat

    Balas
  • 51. ma'rus  |  16 April 2011 pukul 8:33 am

    taufik hidayat is the best semoga tetap jaya selalu

    Balas
  • 52. ma'rus  |  18 April 2011 pukul 2:11 pm

    JADIKANLAH INDONESIA BANGGA ATAS PRESTASIMU

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Artikel Terakhir

Kalender

Januari 2008
S S R K J S M
« Des   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: